Peranti Masukan (Input Device) Komputer

Peranti Masukan (Input Device) 


Materi kali ini kita akan membahas perangkat keras atau hardware komputer yang menjadi peranti masukan atau input device. Input Device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukan sebuah data, f'ile atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami, Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan dan juga bagaimana kegunaan perangkat masukan tersebut. 

Berikuta ini adalah beberapa jenis Perangkat Masukan (Input Device) untuk komputer : 

1. Keyboard 

Image result for keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka f'ile. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer. 

2. Mouse 

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. 

3. Joystick 

Image result for joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer. 

4. Trackball 

Image result for track ball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan. 

5. Lightpen 

Image result for lightpen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor) 

6. Scanner 

Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. 

7. Barcode Reader 

Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data 

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments