Manfaat Jaringan Komputer


Apa keuntungan menggunakan jaringan komputer? Banyak sekali. Bayangkan bila di sekolahmu ada sepuluh komputer dan memiliki satu printer yang disambungkan ke salah satu komputer. Maka bila ada di antara temanmu yang ingin mencetak, dia harus memindahkan data ke komputer yang memiliki printer memakai disket atau flashdisk. Demikian juga bila ingin mengambil data dari komputer lain, kamu harus melakukannya seperti itu. Bila data jumlahnya banyak dan jaraknya jauh, repot juga, kan?

Lain halnya bila sepuluh komputer itu terhubung dalam jaringan. Kamu dapat mencetak file dengan mudah meskipun printer tersambung ke komputer lain. Memindahkan file data? Sangat mudah layaknya memindahkan data dari satu folder ke folder lain dalam sebuah komputer.


Berikut manfaat jaringan komputer:

  1. Berbagi sumber daya dan data
    Dalam sebuah jaringan komputer, data dan peralatan dapat dipakai secara bersama- sama, termasuk koneksi internet. Jadi bila ada seorang pengguna yang terletak 500 m dari pusat data, dia tidak akan kesulitan untuk menggunakan data tersebut. Dia juga bisa mencetak menggunakan printer yang tersambung di komputer lain yang terletak sejauh 50 m dari tempat duduknya. Seolah-olah data dan printer itu berada di dekatnya. Bayangkan bila komputernya tidak terhubung dalam jaringan.
  2. Keamanan data lebih tinggi
    Dengan jaringan komputer, akan diperoleh keamanan data yang tinggi. Dalam jaringan peer to peer, file data yang penting dapat disimpan di beberapa komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu komputer rusak, maka salinan data di komputer yang lain bisa digunakan. Dalam jaringan klien-server, salinan data dapat dibuat dengan mudah karena ada di satu tempat. Untuk melindungi data dari pengguna yang tidak berhak, dapat diatasi dengan pengaturan hak akses menggunakan perlindungan password dan teknik lain.

  3. Integrasi data dan keteraturan aliran informasi
    Melalui jaringan komputer, penanganan data akan lebih mudah diatur. Misalnya data absensi siswa harus disimpan di komputer A sedangkan data nilai ujian harus berada di komputer B. Maka dari komputer manapun data itu dimasukkan, akan berada di tempat yang benar. Dampaknya pengolahan data menjadi lebih mudah. Bila sewaktu- waktu diperlukan, mencarinya pun juga mudah. Jaringan komputer juga membuat aliran informasi dapat diatur dengan lebih mudah. Misalnya data absensi siswa di komputer A dan data nilai ujian di komputer B setelah ditata oleh wali kelas harus didistribusikan ke bagian Bimbingan dan Konseling dan kepala sekolah.  Dari sini, siswa-siswa yang perlu perhatian khusus dan mempunyai prestasi yang bisa dipantau. Wali kelas dan pihak Bimbingan dan Konseling dapat memberikan dukungan dan bantuan bagi siswa tersebut. Semua aliran informasi dapat dilakukan lewat jaringan komputer, dari satu bagian ke bagian yang lain dengan cepat dan tepat.
  4. Menghemat waktu dan biaya
    Dalam jaringan komputer, satu alat dapat dipakai bersama-sama. Jadi, tidak perlu semua komputer memiliki alat seperti printer dan DVD-RW. Efeknya, terjadi penghematan biaya. Selain itu, melalui jaringan komputer, suatu pekerjaan dapat dilakukan bersama-sama oleh beberapa komputer. Pertukaran data/informasi dan komunikasi pun dapat dilakukan dengan mudah. Sehingga jaringan komputer dapat meningkatkan efisiensi kerja yang juga berarti menghemat waktu. Komputer berukuran kecil (PC) mempunyai rasio antara harga dengan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar (minikomputer dan mainframe).
    Komputer besar seperti mainframe memang memiliki kecepatan hingga sepuluh kali lipat kecepatan komputer PC. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer PC. Ketidakseimbangan rasio harga - kinerja dan kecepatan ini membuat para perancang sistem lebih suka membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi (PC) dan dihubungkan dengan suatu jaringan komputer.
  5. Menghubungkan berbagai jenis dan merek komputer
    Jaringan komputer dapat menghubungkan berbagai jenis dan merek komputer. Tak peduli apakah komputer itu buatan IBM, ACER, Wearness, HP, ataukah komputer desktop dan komputer jinjing (laptop), semua dapat disambungkan ke jaringan. Bahkan bila sistem operasi yang digunakan berbeda (misalnya ada yang menggunakan Windows XP, Windows 98, Windows ME, dan Linux), semua dapat terhubung dalam satu jaringan komputer.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments