Jaringan Klien - Server : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

a. Jaringan Klien-Server


Komputer server menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan. Sedangkan klien atau workstation adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Bila ditinjau dari peran server, maka server dalam jaringan ini diistilahkan sebagai dedicated server. Artinya komputer server yang berperan murni sebagai server. Komputer server tidak digunakan untuk bekerja layaknya komputer-komputer lain. Untuk menjalankan pekerjaan (mengetik, memasukkan data, mencetak, dan sebagainya), digunakan komputer klien yang terhubung dengan server tersebut.

Keunggulan:
  1. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan penge- lolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
  2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan. 
  3. Sistem pembuatan cadangan data (backup) lebih baik, karena pada jaringan ini cadangan data hanya perlu dilakukan di komputer server, yang secara otomatis akan membuat cadangan seluruh data yang digunakan di dalam jaringan. 
Kelemahan:
  1. Biaya operasional relatif lebih mahal. 
  2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server. 
  3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu. 

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments